Lamang Tapai

Lamang merupakan makanan khas Kabupaten Tanah Datar yang terbuat dari ketan putih yang dibakar dan disajikan lengkap dengan tapainya yang terbuat dari ketan hitam. Selain dicampur dengan Tapei, sekarang juga sudah ada Lamang dicampur dengan pisang raja.

Dakak-Dakak

Bentuknya seperi kerupuk dalam ukuran mini, terbuat dari bahan dasar tepung beras yang tentu saja sudah dicampur dengan bumbu-bumbu hingga rasanya gurih dan kalau dimakan menimbulkan bunyi kriuk-kriuk renyah. Kerupuk Dakak-dakak merupakan oleh oleh terkenal dan dibeli oleh setiap orang yang pernah melakukan perjalanan wisata ke Nagari Simabur Kecamatan Pariangan. Selain dakak-dakak, ada juga makanan ringan khas Simabur Kecamatan Pariangan lain, yaitu Kue bunga durian. Cara membuatnya hampir sama dan bahan dasar nya pun juga tak jauh beda, tapi di taburi daun Perei.

Kawa Daun

Minuman spesifik nenek moyang Minangkabau yang Bermukim di daerah pegunungan. Dibuat dari daun kopi yang dikeringkan, lalu direbus. Disamping rasanya yang enak, juga berhasiat sebagai antioksidan (seperti asam klorogenat dan guinides) yang dapat mengurangi penyakit degeneratif, seperti : Hipertensi, kanker, jantung koroner, kolesterol, diabetes, penyumbatan pembuluh darah. Kadar kafein yang rendah, bahkan lebih rendah daripada teh celup yang beredar di pasaran sehingga dapat mengurangi resiko penyakit mag.

Pisang Sale

Pisang Sale adalah makanan hasil olahan dari buah pisang yang dipotong tipis kemudian dijemur. Tujuan penjemuran adalah untuk mengurangi kadar air buah pisang sehingga pisang sale lebih tahan lama. Pisang Sale merupakan produk pisang yang dibuat dengan proses pengeringan dan pengasapan tanpa adanya penambah rasa dan pengawet. Pisang Sale dikenal mempunyai rasa dan aroma yang khas. Terdapat di Kecamatan Salimpaung.

Pias Kacang

Makanan berbahan dasar kacang tanah ini terkenal gurih dan manis, apalagi manisnya alami sebab berasal dari gula enau sehingga tidak membuat eneg. Tampilan pias kacang unik dengan bentuk kotak-kotak dan dibungkus dalam kemasan menarik. Banyak terdapat di Kecamatan Pariangan .

Kerupuk Kulit

Terdapat di Kecamatan Sungai Tarab dan Lima Kaum. Bahan dasar dari Kulit kerbau atau kulit kerbau yang direbus dan dikeringkan lalu digoreng. Rasanya enak dan gurih.

Ikan Bilih

Sambil menikmati teduhnya pemandangan Danau Singkarak tak lengkap rasanya bila tidak mencicipi ikan bilih yang renyah di lidah. Di tepian danau banyak terdapat kedai yang menjual ikan bilih untuk dimakan atau dibawa pulang. Selain memiliki sensasi rasa yang lezat dan gurih seperti teri, ikan bilih juga dapat dimakan dari kepala hingga ekor. Ikan bilih menjadi daya tarik yang dimiliki oleh Sumatera Barat karena bilih merupakan salah satu jenis ikan endemik yang hanya dapat dijumpai di Danau Singkarak Sebagai bahan pangan, daging ikan bilih (Mystacoleusus padangensis) yang hidup dan berkembang biak di Danau Singkarak, Tanah Datar, Sumatera Barat adalah sumber protein, lemak dan vitamin yang baik dan prospektif sehingga bisa menjadi pilihan tepat sebagai sumber pangan alternatif untuk masa depan. Seluruh bagian ikan bilih dapat dimakan. Kepala ikan bilih banyak mengandung protein untuk pembangun dan perlindungan sel-sel tubuh yang rusak. Disamping itu mengkonsumsi ikan bilih dapat menurunkan resiko terkena kolesterol.

Copyright ©